DESKRIPSI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Written by UPTIK_Poltekkes
|
|
|
- Pusat Pengembangan Pendidikan adalah unsur pelaksana sebagaian tugas Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta di bidang pengembangan pendidikan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur.
- Pusat Pengembangan Pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Pusat yang diangkat oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta untuk masa kerja 4 (empat) tahun dengan kemungkinan diangkat kembali. Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan secara teknis fungsional di bawah pembinaan Wadir I.
- Pusat Pengembangan Pendidikan mempunyai tugas mengelola kegiatan pengembangan pendidikan.
- Pusat Pengembangan Pendidikan mempunyai fungsi :
- Merencanakan kegiatan peninjauan dan pengembangan kurikulum program studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Surakarta.
- Melaksanakan kegiatan peninjauan dan pengembangan kurikulum program studi di lingkungan Politeknik Kesehatan Surakarta.
- Melakukan evaluasi dan pengembangan metode, media, teknologi dan strategi serta sistem penilaian (assessment) pembelajaran
- Merencanakan pengembangan kualitas dosen melalui pelatihan dan pendidikan
- Memfasilitasi pengembangan kompetensi dosen dalam penyelenggaraan pendidikan
- Melaksanakan penelitian pendidikan
|
Last Updated on Tuesday, 19 January 2021 07:15 |
|
VISI DAN MISI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Written by UPTIK_Poltekkes
|
|
|
VISI
Mengembangkan Institusi Pendidikan dalam proses pembelajaran yang berbasis teknologi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
MISI
- Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar berbasis teknologi terkini
- Mengembangkan dan membentuk program studi baru sesuai dengan SDM yang dimiliki
- Meningkatkan kemampuan SDM melalui pembelajaran Inter Professional Collaboration (IPC) dan Inter Professional Education (IPE)
- Mengembangkan Pusat Unggulan IPTEK Poltekkes Kemenkes Surakarta di tingkat Nasional
|
Last Updated on Tuesday, 19 January 2021 07:28 |
URAIAN TUGAS PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN
Written by UPTIK_Poltekkes
|
|
|
- Mengembangkan kurikulum dan inovasi pembelajaran yang kontekstualnya berbasis permasalahan di masyarakat berdasarkan bukti (evidence base)
- Mengembangkan desain pembelajaran dan manifestasi proses pembelajaran dalam kelas, klinik dan masyarakat berbagai domain berbasis bukti
- Mengembangkan sumber belajar yang berkualitas, efisien dan terjangkau
- Mengembangkan sistem penilaian mahasiswa yang mampu menstimulasi belajar
- Mengembangkan dan menerapkan sistem penjaminan kualitas penyelenggaraan pendidikan kesehatan
- Melakukan kajian dan umpan balik hasil monitoring dan evaluasi pembelajaran
- Melakukan inovasi dan penyelenggaraan pendidikan kesehatan dan mengelola perubahan yang mampu menjadwab permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kesehatan sehingga dapat bersaing di tingkat regional dan nasional
- Menyelenggarakan pendidikan daring (e-learning) sesuai dengan jenis program pendidikan yang selaras dengan capaian belajar lulusan
- Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan program studi dalam melaksanakan pembelajaran daring
- Memfasilitasi workshop, pelatihan, program pembelajaran daring secara berkala bagi dosen dan mahasiswa
- Mengembangkan dan mengimplementasikan Interprofessional Education (IPE) dan Interprofessional Collaboration (IPC)
- Mengembangkan Pusat Unggulan IPTEK Poltekkes Kemenkes / Center of Excellence
|
Last Updated on Tuesday, 19 January 2021 08:10 |
|
|
|
|
|