HomeAlokasi dan Realisasi Anggaran Tahun Berjalan Poltekkes SurakartaAgenda KegiatanStandar Layanan Pengaduan MasyarakatSistem InformasiSite Map
Penjaminan Mutu
URAIAN JABATAN PENJAMINAN MUTU

Foto URAIAN JABATAN PENJAMINAN MUTU

Bagikan
URAIAN JABATAN PENJAMINAN MUTU
Admin Kamis, 22 Juni 2017

NAMA JABATAN

Kepala Unit Penjaminan Mutu

UNIT ORGANISASI

Unit Penjaminan Mutu

UNIT KERJA

Poltekkes Kemenkes Surakarta

Tanggal

02

01

2016

IKHTISAR JABATAN

Kepala Unit Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Surakarta

TUGAS POKOK

Merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengevaluasi dan mengendalikan pengembangan sistem penjaminan mutu di lingkungan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Rincian tugas-tugas utama yang harus dikerjakan:

A. Perencanaan :

Menyusun rencana kegiatan penjaminan mutu

1. Menyusun rencana kegiatan Tahunan SPMI Poltekkes Kemenkes Surakarta

2. Menyusun struktur organisasi sistem Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Surakarta

3. Menyusun Manual Mutu

4. Menyusun Standar, SOP, IK, Formulir

5. Menyusun rencana sosialisasi penjaminan mutu ke jurusan

6. Menyusun rencana peningkatan mutu tempat kerja sehat dan kampus sehat

7. Menyusun rencana kegiatan updating ISO 9001:2008 menjadi versi 2015

8. Menyusun rencana kegiatan audit mutu internal

9. Menyusun kebutuhan anggaran pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu

B. Pengorganisasian:

1. Melakukan koordinasi dengan para ka sub unit penjaminan mutu jurusan

2. Membentukan kepanitiaan pelatihan mutu

3. Membentuk kepanitian workshop pelatihan mutu dan audit mutu

C. Pelaksanaan:

  1. Melaksanakan SPMPT sesuai standar

a) Menyusun manual, standar mutu, pedoman mutu, sop, IK dan format, catatan mutu

b) Melakukan uji coba standar,SOP, Format, Instruksi Kerja

  1. Mendorong pelaksanakan 24 standar SNPT dan Standar Institusi (Standar akademik dan non akademik melampaui SNPT
  2. Memelihara standar dan pedoman mutu
  3. Memelihara sistem dokumentasi dan rekaman mutu
  4. Memantau pencapaian sasaran mutu institusi dan sasaran mutu seluruh unit kerja di lingkungan Poltekkes Kemenkes Surakarta
  5. Menghimpun laporan keluhan pelanggan dari sub unit penjaminan mutu jurusan / perwakilan jurusan dan memantau tindak lanjutnya
  6. Menghimpun hasil pengukuran kepuasan pelanggan dari sub unit penjaminan mutu jurusan / perwakilan jurusan dan memantau tindak lanjutnya
  7. Mengatur penyelenggaraan Audit Internal dan memantau tindak lanjutnya
  8. Memelihara kompetensi Auditor Internal
  9. Mengatur pelaksanaan tinjauan manajemen dan memelihara rekamannya
  10. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan SPMPT di lingkungan Poltekkes Surakarta
  11. Memandu, memfasilitasi dan mengkoordinasikan terlaksananya evaluasi internal dan eksternal SMP-PT di lingkungan Poltekkes Kemenkes Surakarta
  12. Melaporkan kepada Direktur tentang kinerja SPMPT di Poltekkes Kemenkes Surakarta dan kebutuhan untuk perbaikannya
  13. Memfasilitasi pemberian layanan penjaminan mutu berupa pendampingan di lingkungan Poltekkes Surakarta

D. Pengendalian dan evaluasi:

1. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan SPMPT di lingkungan Poltekkes Surakarta

2. Melakukan audit mutu internal dan audit Ekternal

3. Melaksanakan pertemuan manajemen mutu